kalsel.kemenag.go.id



Diunggah tanggal 03-04-2017 08:46:12

Pekerjaan Profesional, Profesional Dalam Bekerja





(Penulis : Hj.Wardah,S.Pd.I. Guru MIN 20 Banjar)

Guru adalah orang yang patut digugu dan ditiru, dan sepanjang perjalanan hidup manusia, seorang guru selalu dihormati dan diagungkan, baik guru yang bekerja diintansi formal, ataupun dipengajian- pengajian  yang ada di masyarakat.

Salah satu pekerjaan mulia disisi Allah adalah seorang pengajar, Rasul menyatakan 3 cara manusia mendapat keutamaan disisi Allh,Swt, pertama orang yang mampu memberikan ilmunya kepada orang lain, baik llmu agama maupun ilmu umum, yang kedua yang diajar, yaitu orang yang suka mendengarkan ceramah dan pergi ke majelis ta, lim, yang ketiga mendengar pengajaran itu sendiri, pekerjaan sebagai guru  sepanjang zaman menjadi orang yang paling dihormati, dan disegani bahkan seorang guru mampu menjadi inspirasi dan panutan yang berada di lingkungan guru itu sendiri. Ibarat peribahasa guru bagai satu bulan diantara ribuan bintang.

Dan guru pada zaman sekarang sangat luar biasa, dikatakan sebagai seorang profesional, yang artinya, guru mampu berkiprah disegala suasana, baik berhubungan dengan pembelajaran, maupun berhubungan dengan profesi, agar guru dapat mengembangkan diri baik dalam organisasi, seperti MGMP (Musywarah Guru Mata Pelajaran), KKG (Kelompok Kerja Guru), ataupun (Kelompok Kerja Kepala Madrasah) KKM, sebagai tempat bertemunya para guru bermusyawarah secara profesional.

Sekarang Guru dikatakan sebagai seorang  profesional, karena guru sekarang mampu mengatasi dan mengikuti perkembangan zaman, pekerjaan guru dalam mengajar dari zaman menggunakan  kapur sebagai alat tulis, spidol sampai sekarang sudah menggunakan alat elektonik canggih seperti slide, laptop, ipad,  penggunaan kumputer dan perangkatnya.

Guru yang profesional pasti mampu mengikuti perkembangan zaman, karna memang dituntut untuk mampu menguasai teknologi yang ada pada zamannya, profesi sebagai guru diakui sebagai pekerjaan seorang yang memiliki pemikiran dan wawasan yang luas/profesional, pekerjaan profesional yang diemban seorang guru sangat berharga, karna jasanya, menjadikan dan mendidik putera  puteri bangsa sebagai generasi penerus , mencetak manusia yang kelak akan menggantikan pemimpin- pemipin sekarang, sehingga guru dianggap segelitir orang sebagai orang paling baik dan mulia.

Begitu bermakna dan profesionalnya pekerjaan seorang guru, sehingga guru pada masa sekarang diberikan beberapa macam tunjangan- tunjangan, yang mana  diharapkan mampu mengangkat taraf hidup guru lebih layak. Penghargaan terhadap profesi seorang guru, sudah bisa dinikmati, bahkan banyak instansi lain, merasakan kecembuaruan sosial terhadap profesi seorang guru.

Namun dibalik penghargaan yang diterima seorang guru, sudahkah guru bisa dikatakan profesional dalam bekerja? Dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didiknya, tercapai tujuan- tujuan yang direncanakannya, tidak dikatakan profesional seorang guru tanpa berangkat dari niat untuk mencerdaskan siswanya, tidak sekedar hanya melaksanakan tugas semata, dan selesai tanpa ada rasa tanggung jawab.setelahnya.

Setiap pekerjaan memerlukan sebuah tanggung jawab besar dari orang yang menggeluti sebuah profesi, telebih kalau ingin berhasil, orang tersebut paham dan mengerti akan pekerjaan yang digelutinya,  seorang guru, yang dianggap orang paling pintar oleh peserta didiknya, dia harus mampu menempatkan diri dimanapun dia berada, dan harus dapat memberi solusi disetiap kesulitan yang dialami peserta didiknya

Menurut tujuan Pendidikan Nasional tugas seorang guru mempersiapkan, mengajarkan, menguji, menilai setiap siswa yang diajarnya, tanpa pengecualian, melihat begitu banyaknya tugas seorang guru, sudahkah semua yang diharapkan oleh pemerintah terlaksana seratus persen, atau sudahkah seorang bekerja secara profesional?

Terlebih pada masa sekarang seorang pendidik begitu dihargai, dengan diberi berbagai tunjangan, karena itu marilah kita berbenah diri menunjukan jati diri, bahwa kita mampu menjadi guru profesional, yang dapat dibanggakan siswanya, dan instansi yang menaunginya.

Terlepas dari semua tunjangan seorang guru yang didapat, hendaknya guru harus mampu mengimbangi secara profesional juga dalam bekerja, bukan berdasarkan apa yang didapat, namun beradasarkan panggilan hati nurani, dan panggilan jiwa sebagai seorang pendidik yang memahami profesinya secara profesional.

Jadi sebagai seorang guru, memenuhi tanggung jawab lebih penting dan lebih utama, karena merupakan sebuah  kewajiban, karena memberikan ilmu yang berguna merupakan salah satu amal yang tiada putusnya, baik ilmu dunia apalagi ilmu akhirat, siswa yang mengamalkan ilmu yang diberikan sang guru, apabila dikerjakan siswanya, maka pahala akan terus mengalir, walaupun guru tersebut telah tiada, semoga guru- guru yang memberikan ilmu dengan ikhlas tanpa pamrih, akan mendapat kemudahan didalam hidup dan setelah kematiaannya. Aamiin..



Opini Terbaru




Bagikan Halaman Ini