kalsel.kemenag.go.id

Diunggah hari Senin tanggal 04-06-2018 12:09:56 WITA

Penceramah: Tujuh Hal Yang Membatalkan Puasa


Tanjung (MTsN 6 Tabalong) - “Setidaknya ada tujuh hal yang dapat membatalkan puasa “ ujar guru MtsN 6 Tabalong Hardiasyah, S.Ag saat menyampaikan tausiyahnya di acara pesantren Ramadhan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Tabalong, Sabtu (02/06/18) di aula madrasah.

Ditausiyahnya Hardiansyah menyebutkan tujuh hal yang dapat membatalkan puasa diantaranya makan dan minum secara berkesinambungan dengan segaja, berhubungan intim atau seksual, keluar air mani dengan sengaja karena bersentuhan, perempuan yang mengalami haid atau nifas, muntah karena disengaja, gila atau hilang akal, dan keluar dari Islam.

Dari ketujuh hal tersebut muncul banyak pertanyaan dari siswa/siswi yang mendengarkan dan tausiyah menjadi semakin menyenangkan saat sesi tanya jawab karena banyaknya siswa yang bertanya seputar hal yang dapat membatalkan puasa.

Salah seorang siswa kelas VII Agus mengaku sangat terbantu sekali dengan adanya tausiyah dan sesi tanya jawab tersebut karena dapat mengetahui hal-hal yang selama ini belum jelas kebenarannya seperti isu menangis dapat membatalkan puasa.

“Saya pikir selama ini apapun alasannya menangis dapat membatalkan piasa, ternyata ada pengecualian dan aturannya sehingga belum tentu menangis itu membatalkan puasa, tergantung alasannya,” ujar Agus.

Sementara Kamad H. Bahrul Elmi, S.Ag. MM mengharapkan dengan dilaksanakannya tausiyah tersebut dapat membantu siswa dalam memperoleh kualitas puasa yang lebih baik lagi. (Rep/ Ft: Syarif)

Penulis :
Foto :
Editor / Redaktur : yanti

URL : https://kalsel.kemenag.go.id/berita/514599/Penceramah-Tujuh-Hal-Yang-Membatalkan-Puasa