kalsel.kemenag.go.id

Diunggah hari Jum`at tanggal 12-01-2018 16:04:31 WITA

CJH Banjarbaru Semakin Antusias Ikuti Manasik


Banjarbaru – Humas. Sebagai upaya memberikan bekal persiapan dalam menjalankan ibadah haji ke tanah suci Makkah, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjarbaru dalam beberapa bulan terakhir rutin melaksanakan manasik haji yang di selenggarkan secara ruitn usai sholat jumat, keantusiasan Calon Jamaah Haji (CJH) nampak dari hadirnya dalam setiap minggu yang tidak pernah sepi setiap sesi latihan manasik haji di aula Kemenag Kota Banjarbaru.

Hadir sebagai pemateri H. Nafiah Muhja Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kota Banjarbaru yang menyampaikan pentingnya mengikuti proses latihan manasik haji dengan rutin. “Sebagai CJH, manasik haji merupakan bekal paling utama di samping persiapan pokok lainnya, karena dengan mengikuti manasik haji, kita akan mengetahui tata cara ibadah haji yang baik dan benar,” ujarnya.

Sesuai dengan materi yang disampaikan, Nafiah memberikan tema tentang rukun haji, wajib haji dan sunnah haji, menurutnya hal tersebut perlu di pahami secara mendalam bagi siapapun yang sudah mempunyai tiket dan niatan untuk berangkat ke tanah suci Makkah.

Hairun salah seorang peserta manasik asal Guntung Manggis mengaku, manasik haji benar-benar memberi manfaat besar bagi CJH, sebagian besar jamaah haji akan mengetahui perkembangan terbaru kondisi di tanah suci melalui informasi yang di bagi setiap kali melakukan manasik haji.

H. Aride BR Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (Kasi PHU) Kankemenag Kota Banjarbaru menyatakan, jika antusias para peserta manasik haji tidak perlu di ragukan lagi. “Keseriusan para CJH Kota Banjarbaru tidak dapat di ragukan lagi, indikatornya tingkat kehadiran peserta dari minggu keminggu hampir tidak pernah ada penurunan,’’ tegas Aride.

Sebagai informasi, dalam setiap minggunya Kankemenag Kota Banjarbaru kedatangan para undangan tamu manasik haji tidak kurang 200 orang, sebagian besar jamaah tersebut tersebar dari 5 kecamatan di Banjarbaru diantaranya Banjarbaru Utara, Banjarbaru Selatan, Liang Anggang, Landasan Ulin, dan Cempaka. (Rep/ Ft: Humas)