kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Minggu tanggal 24-10-2021 16:04:24 WITA

Peringatan Maulid Nabi, Kamad: Momentum Untuk Tingkatkan Mahabbah kepada Rasulullah SAW



Banjarmasin (MTsN 2 Kota Banjarmasin) - “Peringatan Maulid, momentum untuk meningkatkan kecintaan dan Mahabbah kepada Rasulullah SAW,” ujar Kepala MTsN 2 Kota Banjarmasin Riduansyah, M.Pd. pada sambutannya dalam peringatan maulid Nabi SAW secara virtual, Sabtu (23/10/21) di Studio Mini MTsN 2 Kota Banjarmain.

Menurut Riduansyah sebagai umat Rasulullah SAW. hendaknya kita dapat mewarisi semangat dan misi kenabian Muhammad untuk menjadikannya sebagai motivator dan inspirator dalam kehidupan kita, baik dalam bertindak dan bertingkah laku.

“Peringatan maulid pada kali ini berorientasi untuk menambah kecintaan terhadap Rasulullah SAW, sehingga akan berimbas pada peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” harapnya.

Selanjutnya Riduansyah menambahkan melalui peringatan ini diharapkan untuk memberikan didikan dan binaan kepada para siswa tentang perilaku akhlak Nabi Muhammad SAW.

“Saya berharap peringatan maulid ini dapat memberi bekas terhadap siswa/inya, sehingga mereka bisa meniru dan meneladani perilaku Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Siswa kelas VIII B MTsN 2 Kota Banjarmasin Muhammad Rofif di tausiahnya mengatakan dengan adanya berkumpul bersama memperingati maulidirrasul persaudaraan dan persatuan umat Islam dapat terwujud sebagaimana yang dilakukan Nabi ketika menyatukan dan mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshor saat membangun kota Madinah.

"Spirit maulid tersebut harus diwujudkan melalui sikap dan perilaku keberagamaan yang santun, rukun, toleran, saling menghormati, dan menerima perbedaan keyakinan," pungkasnya.

Rofif menambahkan tentang sirah kehidupan Rasulullah SAW. yang dapat diteladani dan dijadikan ibrah dalam kehidupan kita. “Ada cara kita mencintai Rasulullah SAW, yaitu dengan mutaba’ah (mengikuti) apa yang dilakukan Nabi dan selalu merindukan Beliau,” tambahnya.

Kegiatan maulid nabi Muhammad SAW. yang berlangsung secara virtual diikuti seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya melalui Zoom dan Live Ig dengan melibatkan OSIM sebagai panitia pelaksana.

Kegiatan juga menampilkan  grup habsyi dari berbagai madrasah, di antaranya grup habsyi dari MTsN 1 Kota Banjarmasin, MTsN 6 Jakarta, MTs. Al-Istiqamah Banjarmasin dengan performa yang sangat memukau.

 

 

Penulis : Halidah
Foto : Jumi
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 44 kali,
Bagikan Halaman Ini