kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Minggu tanggal 24-10-2021 15:51:09 WITA

Hari Santri Nasional 2021, Kemenag Kotabaru Serahkan Ijin Operasional Ponpes dan TPQ



Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kantor Kementerian Agama (Kan.Kemenag) Kabupaten Kotabaru memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2021 dengan tema Santri Siaga Jiwa Raga. Jumat (22/10/21) di lapangan Komplek Yayasan Pendidikan Muawanah Darul Ulum Kotabaru.

Upacara tersebut diikuti Kepala Kantor Kemenag Kotabaru H. Said Muhdari, Plt. Kepala Sub Bagian Tata Usaha, seluruh Kepala Seksi dan penyelenggara, Pengawas madrasah dan Pengawas PAI, Pengasuh pondok pesantren dan Kepala Madrasah Negeri.

Pada acara tersebut peserta upacara diwajibkan untuk laki-laki mengenakan sarung dengan atasan putih dan peci hitam dan sedangkan bagi wanita menggunakan jubah putih.

Bertindak selaku Inspektur upacara yaitu Sekda Kabupaten Kotabaru, H. Said Akhmad dan sekaligus menyampaikan sambutan tertulis dari Menteri Agama Republik Indonesia.

Setelah selesai upacara, acara dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan Ijin Operasional (Ijob) program kesetaraan Pondok Pesantren salafiyah Al-Muslimun Mandin Desa Semayap Kecamatan Pulau Laut Utara, Ijin Operasional TPQ Al-Kahfi Desa Sungai Kupang Kecamatan Kelumpang Hulu,  Ijin Operasional TPQ Nurul Hidayah Desa Sungai Bulan Kecamatan Pulau Laut Selatan, dan Ijin Operasional TPQ Al-Mashurin Desa Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Utara. yang langsung diserahkan oleh Sekda Kotabaru didampingi Ka.Kankemenag Kotabaru.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru H. Akhmad Ismail Fahni, sekaligus sebagai Ketua pelaksana Hari Santri Nasional 2021, pihaknya akan selalu siap mengeluarkan ijin operasional untuk membantu masyarakat yang ingin mendirikan pondok pesantren maupun Taman pendidikan Al-Qur’an setelah terpenuhinya persyaratan yang sudah ditetapkan kemenag.

“Kebetulan ada 1 Ponpes dan 4 TPQ Ijob nya baru keluar, maka pada momen yang baik ini kami serahkan SK Ijobnya,” ujar Fahni.

Ia juga meminta pada hari santri nasional ini, para santri dapat lebih berkualitas dalam berbagai aspek, baik ilmu, amal, dan akhlaknya, sehingga bangsa ini akan menjadi lebih damai dan sejahtera. 

“Saya berharap, dengan keluarnya SK Ijob, para pengelola betul-betul membina para santrinya, sehingga dapat melahirkan santri- santri yang akhlakul karimah, unggulan SDM nya, keilmuannya yang luas, serta dibarengi dengan penguasaan ilmu dan teknologi, responsif dan adaptif terhadap perubahan zaman, sehingga mampu berperan dalam menjaga NKRI,” katanya.

Pada peringatan tersebut juga menjadi kesempatan bagi para santri menampilkan aksi seni bela diri pancak silat asli nusantara dari santri Pondok Pesantren Nurul Abrar sebagai hiburan di Hari Santri Nasional 2021.

 

Penulis : Mukhlis
Foto : Mukhlis
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 29 kali,
Bagikan Halaman Ini