kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Minggu tanggal 24-10-2021 15:27:00 WITA

MTsN 9 Tabalong Gelar Peringatan Hari Santri Nasional 2021



Tabalong (MTsN 9 Tabalong) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 9 Tabalong menggelar peringatan Hari Santri Nasional pada hari Jum’at (22/10/21) di halaman utama MTsN 9 Tabalong.

Upacara tersebut sebagai tindak lanjut atas imbauan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tabalong kepada seluruh Madrasah agar melaksanakan upacara untuk memeriahkan Hari Santri Nasional.

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun ini berlangsung khidmat dan cukup semarak. Meskipun masih dalam masa pandemi Covid 19.

Seluruh siswa laki-laki dan perempuan mengenakan busana muslim nuansa santri. Siswa laki-laki memakai sarung baju koko dan peci serta memakai sandal. Sedangkan siswa perempuan memakai pakaian muslimah.

Selain siswa pada dewan guru dan staff tata usaha juga memakai pakaian bernuansa santri, sarung baju koko, peci dan sandal dipakai oleh bapak guru dan staf tata usaha , untuk ibu guru dan pegawai memakai busana gamis.

Pembina upacara H Alhamahyu, S.Ag dalam amanatnya mengatakan peran madrasah sangat besar dalam kemajuan Indonesia dan Madrasah merupakan bentuk formal dari pondok pesantren. “Dari madrasah ini akan muncul cikal bakal penerus bangsa,“ kata Alhamahyu.

Lebih lanjut Kamad menambahkan, santri merupakan pendukung bahkan memasang badan demi keutuhan NKRI. “Pondok pesantren berhasil menjadi role model pendidikan Islam yang mampu menjadi Laboratorium perdamaian,” tambahnya.

Salah seorang peserta didik yang mengikuti rangaian kegiatan Janatun Nafisah Fauziah dari kelas VIII mengungkapkan dirinya sangat semangat mengikuti kegiatan peringatan hari santri.

“Saya terharu ketika menyanyikan mars Santri karena saya pernah merasakan menjadi bagian dari santri. Semoga seluruh teman-teman yang sedang menuntut ilmu di pondok pesantren selalu diberikan Allah SWT kesehatan dan selalu sehat," ujarnya.

Penulis : Hady
Foto : Hady
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 11 kali,
Bagikan Halaman Ini