kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Minggu tanggal 24-10-2021 15:15:49 WITA

Siswa MTsN 8 HST Hasilkan Karya dari Bahan Daur Ulang



Barabai  (MTsN 8 HST) - Guru Mata Pelajaran (Mapel) Seni Budaya Ristiyana Rahmi, S.Pd.I bersama Guru Mapel Bahasa Indonesia Suharti, S.Pd memberikan bimbingan keterampilan kepada siswa siswi kelas VII dan VIII guna membentuk peserta didik  yang cerdas dan kreatif serta berteknologi tinggi, Sabtu (23/10/21).

Di kegiatan bimbingan tersebut, Ristiyana Rahmi mengajarkan tentang manfaat dan cara menggunakan bahan bekas atau daur ulang yang dapat menghasilkan karya-karya kreativitas siswa, yang disajikan secara sederhana sehingga mudah dipraktekkan dan dikuasai siswa. 

Selain itu, kegiatan tersebut tidak hanya membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, tetapi juga memperluas wawasan siswa dan diharapkan berdampak pada pengembangan seni dan kreasi siswa yang dilatarbelakangi budaya daerah.

“Didalam bimbingan ini, kami mempraktekkan dan mempresentasikan karya kami yang berbahan bekas sedotan, stik eskrim, bekas bungkus sabun cuci dan gelas bekas air meneral  dalam pembuatan tas gantung, bunga pot, tempat pot bunga serta miniature rumah,” ucap Azizah Hairiah, salah satu siswa yang mengikuti bimbingan.

Dikatakan Suharti, manusia diciptakan dengan dibekali oleh cipta, rasa dan karsa. Ketiga kemampuan tersebut saling terkait satu sama lain.

“Seseorang yang merasa ada objek yang menarik akan memulai memikirkan hal apa yang dapat dia buat dari objek tersebut. Setiap orang dibekali dengan bakat masing-masing. Menyelami diri sendiri untuk mengetahui bakat yang dimiliki adalah hal yang penting yang harus dilakukan oleh setiap orang,” kata  Suharti.

Ditambahkannya, bakat dan kreatifitas anak didik di Madrasah harus  terus ditingkatkan agar generasi penerus dapat lebih mampu bersikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam berkarya. “Saya berharap semoga bimbingan ini bisa menambah wawasan siswa sehingga dapat lebih berprestasi,” harap Suharti.

Penulis : Kontri
Foto : Kontri
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 37 kali,
Bagikan Halaman Ini