kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Minggu tanggal 24-10-2021 14:41:30 WITA

MTsN 2 HST Laksanakan Upacara Hari Santri, Kamad Ajak Tingkatkan Rasa Nasionalisme



Barabai (MTsN 2 HST) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Hulu Sungai Tengah melaksanakan upacara Hari Santri 2021 dengan bertemakan Santri Siaga Jiwa dan Raga di lapangan madrasah dengan lengkap menggunakan atribut santri yaitu mengggunakan baju muslim, bersarung dan berpeci untuk para pria sedangkan untuk siswi dan karyawan wanita menyesuaikan dengan menggunakan pakaian muslim pada Jumat (22/10/21).

Kepala MTsN 2 HST Drs. H. Imansyah meminta dan menghimbau kepada seluruh warga madrasah yang ada sekarang harus tahu asal mula hari santri yaitu berisi sejarah yang penting bagi negara kita republik Indonesia yaitu ada nilai perjuangan yang luar biasa dengan disertai keimanan yang luar biasa kepada Allah SWT.

“Keputusan hari santri nasional merujuk pada resolusi jihad yang dicetuskan oleh KH. Hasyim Asy`ari pada tanggal 22 Oktober 1945 di Surabaya untuk mencegah kembalinya tentara kolonial belanda yang mengatasnamakan NICA, jadi hari santri ini tidak hanya merujuk pada komunitas tertentu tetapi kepada mereka yang di dalam tubuhnya mengalir darah merah putih dan tarikan nafas kehidupan yang mengucapkan kalimat La ilaha illa Allah dalam memperjuangkan negara ini.” tutur Imansyah setelah membacakan amanat Menteri Agama.

Lebih lanjut ditambahkannya, dalam sejarah tersebut kita meneladani luar biasanya perjuangan para ulama kyai dan juga santri untuk negara kita tercinta, maka dari itu sebagai warga madrasah sebaiknya selalu meningkatkan nasionalisme terhadap tanah air kita dan mengisi kemerdekaan ini dengan memberikan yang terbaik dalam bidang pendidikan agar bisa memajukan negara ini.

“Dalam hal ini kita sebagai insan pendidikan khususnya para guru yang berada di bawah naungan Kementerian Agama harus memberikan yang terbaik dalam memajukan pendidikan Indonesia dengan memberikan pengajaran kepada siswa hingga mencetak mereka menjadi generasi penerus yang dapat memajukan bangsa ini kemudian siswa rajin belajar untuk meraih prestasi yang didapatkan  itulah jihad pendidikan yang sebenarnya.” pungkasnya

Sementara salah seorang guru MTsN 2 HST, Maria Ulfah, S.Pd menuturkan bahwa peringatan hari santri adalah momentum terbaik tidak hanya untuk kalangan santri namun juga para pendidik yang ada khususnya yang ada di lingkungan  Kemenag agar memberikan suntikan semangat untuk terus menerus mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Semoga dengan peringatan hari  santri ini kita doakan para pahlawan santri yang telah gugur diberikan Rahmat oleh Allah SWT dan kita diberikan nikmat untuk merasakan kemerdekaan agar selalu bersemangat dan selalu meningkatkan jiwa nasionalisme, iman dan taqwa kepada Allah SWT.,tutupnya.

Penulis : Edwin
Foto : Amin
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 101 kali,
Bagikan Halaman Ini