kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Minggu tanggal 24-10-2021 14:35:12 WITA

Peringati Hari Santri 2021, Ka.Kanwil: Santri Siap Jiwa Raga Bentuk Kesiapan Santri Bela dan Pertahankan Persatuan Indonesia



Banjarmasin (Kemenag Banjarmasin) – Memperingati Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober 2021,  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr.H.Muhammad Tambrin,M.M.Pd mengatakan, tema peringatan Hari Santri 2021 “Santri Siap Jiwa Raga” mengandung maksud dan makna sebagai bentuk kesiapan santri membela dan mempertahankan persatuan Indonesia.

“Serta mewujudkan perdamaian dunia,”sampai Ka.Kanwil saat membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia pada peringatan Hari Santri tahun 2021, Jum’at (22/10/21), di Asrama Embarkasi Haji Banjarmasin.

Ka.Kanwil menerangkan, siaga jiwa menandakan santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlaq, berpegang teguh pada aqidah, nilai dan ajaran islam rahmatan lil alamiin serta tradisi luhur bangsa Indonesia.

“Sedangkan siaga raga artinya badan tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikannya untuk Indonesia, karenanya santri tidak pernah lelah dalam berusaha dan harus terus berkarya untuk Indonesia,” pintanya.

Selanjutnya Ka.Kanwil menegaskan, siaga jiwa raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu akhlaq.

“Melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan digembleng melalui berbagai “tirakat” lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sementara Ka.Kankemenag kota Banjarmasin H.Muhammad Rofi’i,S.Ag.,M.Pd.I menyampaikan peringatan Hari Santri 2021 memiliki esensi yang sangat penting bagi santri di Indonesia.

“Dan sesuai yang dengan tema “Santri Siaga Jiwa Raga” memberikan makna  bahwa peranan para santri yang sangat penting guna ikut mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan disiplin mentaati protokol kesehatan,” sampainya.

Terkait dengan pelaksanaan upacara pengibaran bendera, Ka.Kankemenag mengatakan telah menyampaikan surat edaran Kemenag RI Nomor 25 tahun 2021 tentang upacara bendera peringatan Hari Santri kepada seluruh ASN di lingkungan Kemenag kota Banjarmasin, Pimpinan Pontren serta Pendidikan Keagamaan Islam untuk dilaksanakan.

“Sesuai isi edaran tersebut, ASN dan jajaran Ponpes serta Pendidikan Keagamaan di lingkungan Kemenag Banjarmasin telah dimintakan untuk mengikuti upacara bendera secara langsung yang dilaksanakan secara terpusat di halaman Kantor Kemenag RI melalui virtual dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Penulis : Rahmani
Foto : Rahmani
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 16 kali,
Bagikan Halaman Ini