kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Sabtu tanggal 23-10-2021 22:41:53 WITA

Ka.Kanwil Serahkan Penghargaan Kepada Juara KSM Tingkat Provinsi



Banjarmasin (Kemenag Kalsel) - Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr.H.Muhammad Tambrin,M.MPd menyerahkan secara langsung Penghargaan Kepada Juara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021, di Hotel Rattan Inn Banjarmasin Sabtu (23/10/21) malam.

Penghargaan diserahkan kepada para pemenang 1, 2 dan 3 dari 11 bidang yang dilombakan yaitu  Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi untuk Jenjang MI/SD, Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi untuk Jenjang MTs/SMP, dan Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi untuk Jenjang MA/SMA.

Disambutannya Tambrin mengatakan pada abad ke-21 ini, kemampuan berliterasi sangat diperlukan pemangku kepentingan di dunia pendidikan, utamanya peserta didik.

Kemampuan berliterasi peserta didik terang Tambrin berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif.

"Proses pendidikan kemampuan peserta didik harus diawali dari guru dan diturunkan kepada siswa, oleh karena itu Guru harus didorong untuk mampu melakukan interpretasi terhadap kurikulum, merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas dan mengevaluasi capaian dari proses pembelajaran yang dilakukan,” urai Tambrin.

Dipenyerahan penghargaan berupa piala, piagam dan uang pembinaan yang digelar usai pembukaan KSM tingkat nasional tersebut, Tambrin menerangkan KSM tidak lain untuk memperbaiki kemampuan sains anak-anak di Indonesia dan pada ajang tersebut diharapkan akkan melahirkan siswa siswi Madrasah yang handal dalam bidang sains dan tekhnologi.

"Ini pembuktian kepada publik, akan majunya perkembangan pendidikan di Madrasah, dan KSM ajang siswa-siswi Madrasah Menunjukkan kemampuannya dalam bidang sains," ucapnya.

Senada dengan Tambrin, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan Dra.Hj.Halimatussa’diyah,M.Pd mengatakan KSM diadakan dalam rangka pengembangan dan penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatkan mutu dan daya saing madrasah terutama dalam bidang sains dan secara umum KSM Tahun 2021 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dikesempatan tersebut Tambrin juga menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan 33 orang siswa-siswi yang menerima penghargaan Juara Kompetisi Sains Madrasah (KSM), dengan menunjuk salah satu siswi penerima penghargaan untuk membacakan salah satu surah pendek dalam Al-Qur’an.

Siswi yang terpilih untuk menunjukkan kemampuannya menghafal surah di depan Ka.Kanwil dan peserta yang hadir adalah Farah Aulia Rahmah juara II KSM Tingkat Prov.Kalsel Tingkat MA/SMA pada bidang Matematika Terintegrasi yang berasal dari MA NIPI Rakha Kab.HSU.

Penulis : Laily
Foto : Kontri
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 105 kali,
Bagikan Halaman Ini