kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Selasa tanggal 27-10-2020 17:03:15 WITA

Kabag TU: Jangan Sampai Bekerja Tanpa Panduan



Banjarmasin (Kemenag Kalsel) - Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel H. Muslim menegaskan regulasi menjadi dasar bagi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dalam melaksanakan tugas  dan fungsi (tusi)nya.

Regulasi menurut H. Muslim penting untuk dipahami sebagai dasar dalam bekerja. "Jangan sampai kepala KUA bekerja tanpa panduan," tegasnya saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Regulasi Kelembagaan KUA Kecamatan se Kalimantan Selatan, Selasa (27/10/20) di Hotel Zuri Express Banjarmasin.

Khusus untuk Kepala Kantor Urusan Agama dan penghulu Fungsional dan penyuluh yang berada di KUA, H. Muslim mengharapkan agar bisa memahami dan mempelajari regulasi yang berkenaan dengan tusinya, terlebih KUA dianggap sebagai miniatur Kemenag yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan memberikan dampak besar terhadap pembentukan citra Kemenag. “Semakin baik pelayanan di KUA, maka citra Kemenag semakin baik pula,” katanya.

KUA yang berkedudukan di kecamatan menurut H. Muslim memiliki tugas melaksanakan layanan dan bimbingan masyarakat Islam di wilayah kerjanya, tidak hanya dalam hal kepenghuluan dan pelayanan pernikahan saja sebagaimana diatur dalam PMA Nomor 34 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama.

“Setiap aturan ada konsekuensinya dan kita harus siap menerima itu,” ujarnya kepada 30 peserta yang merupakan Kasi Bimas Islam pada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan perwakilan Kepala KUA se Kalsel.

Melalui kegiatan Sosialisasi Regulasi Kelembagaan KUA Kecamatan se Kalimantan Selatan tersebut H. Muslim berharap para kepala KUA bisa menyamakan persepsi tentang regulasi-regulasi terbaru yang berkaitan dengan tusi KUA, memahami dan menerapkannya ditempat tugas masing-masing.

Disamping memahami regulasi, H. Muslim juga mengharapkan agar Kepala KUA memperhatikan aturan yang dibuat dan melekat pada masyarakat dalam melaksanakan tusinya karena hal tersebut bisa memberikan sangsi sosial dan bagian tradisi yang tidak bisa diabaikan. “Dimanapun kita bekerja, kita harus bisa propesional,” tukas H. Muslim mengakhiri sambutannya.

Sosialisasi Regulasi Kelembagaan KUA Kecamatan se Kalimantan Selatan merupakan program program Subdit Bina Lembaga KUA Ditjen Bimas Islam Kemenag RI dalam rangka meningkatkan kualitas program kelembagaan KUA.

 

 

Penulis : Humas
Foto : Edo
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 76 kali,
Bagikan Halaman Ini