kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Selasa tanggal 27-10-2020 14:42:53 WITA

Kamad: Madrasah Berkualitas Perlu Dukungan Kontribusi Komite Madrasah



Banjarmasin (MAN 2 Kota Banjarmasin) - Kemajuan madrasah tidak lepas dari kontribusi dan peran serta berbagai pihak. Kepala Madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan serta komite selayaknya berkomitmen dan bersinergi demi meningkatkan kualitas madrasah. 

Hal tersebut yang melatarbelakangi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin menggelar Rapat Komite Madrasah bersama orangtua/ wali peserta didik kelas X dan XI, Senin (26/10/20) di Aula Madrasah setempat, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala MAN 2 Kota Banjarmasin, Abdul Hadi, M.PKim mengapresiasi kepada orangtua/wali siswa yang telah datang berpartisipasi untuk ikut memajukan madrasah.

Acara yang merupakan pertemuan perdana bagi orang tua/wali kelas X tersebut bertujuan untuk silaturrahmi pihak madrasah, membangun komunikasi dan meningkatkan peran komite madrasah.

“Kita ingin membangun komunikasi dan meningkatkan peran komite madrasah sehingga masalah yang dihadapi pihak madrasah bisa terpecahkan, termasuk komitmen dan kontribusi komite agar kualitas pelayanan pendidikan di madrasah semakin meningkat,” ungkap Kamad.

Kamad menambahkan komunikasi dan kerjasama antara orangtua dengan pihak madrasah harus terus dijalin, meskipun tidak secara formal. “Pertemuan tidak harus resmi atau formal, tetapi bisa setiap saat dan kapan pun agar tidak terjadi miskomunikasi,” ujar Kamad.

Selain itu, dalam paparannya Kamad menyampaikan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) Tahun 2020/2021 serta sumber pendanaan yang berasal dari BOS (APBN) dan Komite Madrasah.

Sebelumnya, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Desy Arnita Dewi, M.Sc menyampaikan sistem akademik dan berbagai program yang ditawarkan MAN 2 Kota Banjarmasin yang kini menyandang status MA Plus Keterampilan.

Terkait statistik madrasah, Desy menjelaskan di tahun pelajaran 2020/2021 madrasah memiliki 30 rombel, total jumlah siswa 1.019 siswa, jumlah PTK 110 orang dengan rincian 82 orang tenaga pendidik dan 28 orang tenaga kependidikan. “Jumlah itu terbagi menjadi 63 orang PNS dan sisanya 48 orang adalah non PNS,” imbuhnya.

Disampaikan juga terkait jurusan/ peminatan yang ada di MAN 2 Kota Banjarmasin, 6 program keterampilan yang ada serta puluhan kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih siswa.

Sedangkan Ketua Komite Madrasah Drs. H. Hanafi Arief, SH, MH, Ph.D menyampaikan peran komite madrasah untuk mendukung dan berkontribusi meningkatkan mutu pelayanan Pendidikan Madrasah, sesuai dengan PMA Nomor 16 tahun 2020. Termasuk pemberian dukungan finansial, pemikiran, dan atau tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di Madrasah. “Dari kesepakatan pertemuan komite dengan orangtua/ wali siswa, kami optimis dan berharap program sekolah bisa berjalan lancar dan sukses,” harapnya.

Senada hal tersebut Penasihat Komite Dr. H. Riduan Masykur, MH berharap pihak madrasah bekerjasama dengan komite madrasah bisa jemput bola ke berbagai instansi agar semua kegiatan dan program bisa dilaksanakan.

“Meski didukung orangtua wali/ siswa, pihak madrasah dan komite harus bisa jemput bola agar anggaran itu bertambah. Secara teknis, kita perlu duduk bersama agar semua program bisa tercover,” pungkasnya.

Acara tersebut juga diwarnai dialog oleh para orangtua/ wali siswa yang hadir untuk memberikan masukan, saran dan pemikiran guna kemajuan pendidikan di MAN 2 Kota Banjarmasin.

Kegiatan rapat komite sendiri dijadwalkan dilaksanakan selama 2 hari untuk orangtua/ wali siswa kelas X, XI dan XII, dan dibagi menjadi tiga shif masing-masing pukul 08.00, pukul 09.30 dan pukul 11.00 Wita.

 

 

Penulis : Taufik
Foto : Taufik
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 122 kali,
Bagikan Halaman Ini