kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Kamis tanggal 09-07-2020 15:29:24 WITA

Respon Jemaah Kondusif, Kabid PHU Apresiasi Kinerja Seksi PHU di Daerah



Marabahan (PHU Kemenag Kalsel) – Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kalsel H. Matnor menilai respon jemaah haji terhadap pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 1441 H / 2020 M di Kalimantan Selatan cenderung kondusif. “Semua ini tidak lepas dari peran semua pihak, terutama berkat sosialisasi dari Seksi PHU Kemenag Kab/Kota se Kalsel kepada masyarakat dan jemaah haji,” katanya saat menyampaikan arahan pada kegiatan rapat terbatas di Kantor Kemenag Batola, (09/07/20).

Matnor selanjutnya mengajak kepada seluruh jajaran PHU di Kemenag Kab/Kota se Kalsel agar dapat memberikan pemahaman dan pelayanan yang baik bagi seluruh jemaah haji terutama terkait dengan informasi kebijakan pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 1441 H / 2020 M.

“Tidak semua jemaah haji dapat memahami secara langsung kebijakan pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 1441 H / 2020 M dengan baik, diantaranya bisa saja ada yang merasa kecewa, oleh karenanya harus kita respon dengan baik dan sabar dalam mensosialisasikan kebijakan pembatalan keberangkatan tersebut,” katanya.

Matnor menilai, penilaian dan respon atas kebijakan pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 1441 H / 2020 M tentunya berbeda beda, hal itu dipengaruhi banyak faktor diantaranya latar belakang pendidikan jemaah haji.  “Karakter dan latar belakang pendidikan yang berbeda beda sedikit banyaknya berpengaruh terhadap penilaian dan tanggapan jemaah haji atas kebijakan pembatalan keberangkatan jemaah haji tersebut,” katanya.

Matnor mengakui, sejak diputuskannya pembatalan keberangkatan haji pada tanggal 21 Juni yang lalu, belum pernah mendapat keluhan secara langsung maupun dalam tugasa kedinasan. Menurutnya sejauh ini sosialisasi dan koordinasi yang telah dilakukan oleh Bidang PHU dan Seksi PHU se Kalsel sudah sangat optimal. “Rasa kecewa dari jemaah haji tentu ada, namun berkat kerjasama dan kesabaran dalam memberikan pemahaman atas kebijakan pembatalan keberangkatan jemaah haji tersebut, kekecewaan tersebut tidak sampai berkepanjangan,” ujarnya.

Penulis : Raju
Foto : Raju
Editor / Redaktur : rajudin

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 30 kali,
Bagikan Halaman Ini