kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Kamis tanggal 05-12-2019 15:19:37 WITA

Dialog, Ka.Kanwil Pinta Jaga Kerukunan Umat Beragama



Banjarmasin (Kemenag Kalsel) – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara Dialog Kerukunan Intern Umat Beragama di lingkungan Kemenag Kalsel, Kamis (05/12/19) di Hotel Amaris Banjar.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H. Noor Fahmi diarahannya meminta agar menjaga kerukunan umat beragama baik intern maupun antar umat beragama untuk menghindari terjadinya perpecahan. “Ciptakan suasana yang rukun, aman dan damai di lingkungan kita,” pintanya.

Fahmi berharap kepada para penyuluh selaku perpanjangan tangan dari Kemenag agar dapat menjadi penengah dalam menghadapi permasalahan di masyarakat.

Terjadinya perbedaan pendapat menurut Fahmi merupakan hal yang wajar dan jangan diperdebatkan, agar kerukunan intern umat beragama tetap terjaga. “Jadilah pemersatu, tebarkan kedamaian dan kasih sayang,” pesannya.

Lebih lanjut Fahmi berharap agar para penyuluh dapat aktif mencari informasi di masyarakat, dan sekiranya ada ajaran-ajaran yang menyimpang, agar bisa segera ditindak lanjuti. “Dengan begitu diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan, dan mudah-mudahan bisa dicegah sebelum terlanjur menyebar ke masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya panitia pelaksana H. Suryan Nahdi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan pelaksanaan pembinaan yang memenuhi prinsip efektif, efisien, transparan dan akuntabel, juga sebagai acuan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya kehidupan beragama. “Terutama kerukunan intern umat Islam di Kalsel,” katanya.

Acara Dialog Kerukunan Intern Umat Beragama tersebut dilaksanakan selama dua hari (05 s.d 06) Desember 2019 dengan jumlah peserta 30 orang, terdiri dari Kepala Seksi Bimas Islam dan Penyuluh Agama Islam Non PNS dari 13 kabupaten/kota serta 4 orang peserta dari Kanwil Kemenag Kalsel.

Penulis : Inmas 19
Foto : Tami
Editor / Redaktur : badariah

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 37 kali,
Bagikan Halaman Ini