kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Senin tanggal 02-12-2019 11:44:51 WITA

Kontingen Pramuka Regu Pasti Berlaga dalam Lomba Jamran



Tanjung (MTsN 4 Tabalong) – Kontingen Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 4 Tabalong yang diwakili Regu Pramuka Pasukan Inti (Pasti) berlaga diajang lomba Perkemahan Jambore Ranting (Jamran) di Bumi Perkemahan (Buper) SDN 2 Hikun, Kamis (28/11/19).

Perkemahan Jamran yang diadakan Kwartir Ranting (Kwarran) Tanjung diikuti Pramuka tingkat penggalang (SMP/MTs) dan Pra Penggalang (SD/MI) se Kecamatan Tanjung yang berjumlah 12 kontingen dan salah satunya adalah MTsN 4 Tabalong yang mengutus 10 orang putra dan 10 orang putri dari regu Pasti.

Diajang tersebut, kontingen dari MTsN 4 Tabalong harus bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam ajang lomba memasak yang diwakili empat siswa dengan ketentuan lomba memasak selama dua jam dan modal Rp.50.000 untuk menyajikan dua porsi hidangan.

Selanjutnya lomba dilanjutkan dengan lomba pionering yang diwakili empat orang yaitu Regita, Syarifa, Bayu dan Rizaldi yang membuat pionering tiang bendera kaki tiga variasi dengan ketentuan 10 tongkat dan tali belati sepanjang 30 meter dengan waktu satu jam.

Selain itu dalam pembuatan pionering selain kekuatan, fungsi, kerapian peserta juga diuji tentang pengetahuan tentang ketepatan simpul dan ikatan yang dipergunakan dalam pembuatan pionering oleh panitia penguji.

Lebih lanjut dalam lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang diwakili sembilan orang anggota pasti putri dan satu orang putra yang dikomando Rini memperagakan 10 gerakan dasar PBB, variasi dan yel-yel dengan ketentuan waktu selama 10 menit dihadapan tiga orang juri dari Dewan Kerja Ranting (DKR).

Kemudian acara dilanjutkan pada malam hari setelah seluruh peserta selesai ishoma dan shalat isya berjamaah dengan lomba cerdas cermat yang dilaksanakan di salah satu ruang belajar SDN 2 Hikun yang diwakili oleh Nafis, Irfan, Syarifa dan Zulaika untuk menjawab 50 soal tentang pengetahuan tentang Pramuka dan pengetahuan umum dengan waktu satu jam dan mereka berhasil menjawab 47 soal yang di berikan.

Diakhir kegiatan pada saat upacara api unggun 10 orang anggota regu Pasti kembali didaulat untuk menjadi petugas upacara penyalaan api unggun setelah sebelumnya anggota pasti juga didaulat menjadi petugas upacara pembukaan.

Siswa MTsN 4 Tabalong Najwa Salsabilla Asrini dan M.Irfan Perdana selaku ketua regu putra dan putri regu Pasti mengatakan anggotanya masih tetap bersemangat dan siap untuk berlaga diajang lomba lainnya dan kami bertekat akan merebut juara umum.

“Walaupun secara fisik kami kelelahan dengan padatnya jadwal lomba kami terus bersemangat dan siap untuk menjadi yang terbaik,” ujar Rini dan Irfan.

Penulis : Fazri
Foto : Ifan
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 218 kali,
Bagikan Halaman Ini