kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Jum`at tanggal 15-11-2019 16:23:56 WITA

MTsN 3 HST Kembangkan Bakat Kaligrafi Khat



Barabai (MTsN 3 HST) – Dalam rangka mengembangkan bakat siswa, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Hulu Sungai Tenagah (HST) melaksanakan ekstrakurikuler (eskul) kaligrafi khat Nashi, Kamis (14/11/19) di ruang kelas MTsN 3 HST.

Pembina ekstrakurikuler kaligrafi khat Umi Kalsum, S.Pd.I mengatakan kegiatan tersebut dilakukan seminggu sekali sekali setiap hari Kamis setelah pembelajaran usai. Dengan tujuan menggali dan menumbuhkan bakat siswa MTsN 3 HST.

“Kaligrafi Khat ini dimulai dengan teknik penulisan, kemudian, setaip peserta harus mengetahui makna dari tulisan yang dilukisnya, kemudian dilanjutkan dengan membuat latar kaligrafi, seterusnya mewarnai latar, dan terakhir memberi warna tulisan,” terang Umi.

Namun perlu diingat kaligrafi khat tersebut menurut Umi adalah sekedar seni dari model huruf arab jadi bukan bagian dari agama. Yang terpenting dalam menulis dan melukis kaligrafi arab ini adalah tidak merubah makna dari kaidah huruf dan bahasa arab.

“Jadi juga boleh berkreasi dengan huruf-huruf arab tersebut asal jangan sampai merubah makna dan artinya,” sebut Umi.

Ditambahkannya, eskul tersebut sebagai sarana meningkatkan keterampilan dan meningkatkan daya nalar dan melatih kesabaran siswa. “Eskul ini sangat penting bagi anak dalam menghadapi dunia kompetisi dewasa nanti saat anakdituntut untuk tetap sabar dan tidak mudah menyerah saat mempelajari keterampilan baru,” ungkap Umi.

Kepala Madrasah Anwar Rahzaidi, S.Ag menyatakan mendukung penuh eskul kaligrafi khat tersebut, karena sangat berguna untuk dapat meningkatkan kreativitas seni dalam bidang kaligrafi dan menumbuhkan jiwa seni, baca tulis Al-Quran sejak dini, dapat melatih kecerdasan dan melatih kreativitas islam.

“Semoga denga eskul ini MTsN 3 HST dapat mencetak kader masa depan bidang kaligrafi di kabupaten HST,” harap Anwar.

Salah salah siswa MTsN 3 HST Siti Sarah mengatakan dengan eskul kaligrafi khat menambah keterampilan dan sebagai sarana menyalurkan bakat. “Mudah – mudah ilmu yang dia dapat menjadi berkembang dan menjadi berkah untuk masa depan nantinya,” ungkap Sarah.



 

Penulis : Sufi
Foto : Nur
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 204 kali,
Bagikan Halaman Ini