kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Rabu tanggal 13-11-2019 11:13:52 WITA

Siswa dan Guru MAN 2 Model Raih Prestasi di Ajang Olimpiade Bahasa Arab



Jakarta (MAN 2 Model) – Delegasi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin berhasil membawa nama harum Provinsi Kalimantan Selatan dengan meraih Medali Perunggu pada kategori lomba untuk Siswa dan Predikat Juara Harapan 2 kategori Pendidik Bahasa Arab pada ajang Grand Final Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Tingkat Nasional ke-3 Tahun 2019.

Kegiatan yang diinisiasi Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia tersebut dilaksanakan di Aula Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bahasa Kemendikbud, Jakarta Selatan, 10 s.d 12 November 2019.

Hasil tersebut diketahui setelah panitia mengumumkan nama-nama para pemenang Selasa (12/11/19) pada Olimpiade kategori 3 untuk siswa MA Negeri/Swasta, nama siswa MAN 2 Model Ira Azmiati dinyatakan sebagai salah satu peraih Medali Perunggu. Sementara salah seorang guru MAN 2 Model Taufikurrahman, S.Pd.I meraih Juara Harapan 2 pada Olimpiade kategori 5 untuk Pendidik Bahasa Arab.

Ditemui usai kegiatan, Ira Azmiati menuturkan dirinya meraih perunggu setelah bersaing dengan ratusan peserta yang mengikuti Olimpiade Tingkat Nasional di Jakarta. “Tidak menyangka berhasil meraih Perunggu pada Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Nasional,” ucap Ira.

Lanjutnya, persaingan pada Olimpiade Tingkat Nasional cukup berat bahkan materi yang diujikan juga tidak mudah. Siswi kelas XII Agama 2 tersebut menegaskan, keberhasilan yang ia diperoleh tersebut berkat do’a dan dukungan semua pihak khususnya guru pembimbing dan pihak madrasah.

Dara kelahiran Amuntai, 24 Agustus 2002 itu mengungkapkan sebelum berada di tahap Grand Final dirinya telah melalui 3 tahapan seleksi dan pembinaan. “Pertama sesi penjaringan tingkat sekolah, kedua seleksi tingkat Kabupaten/ Kota dan ketiga seleksi tingkat Provinsi yang bersifat online. “Saya mewakili Kalsel bersama sepuluh orang dari empat kategori yang tersaring di tingkat Provinsi,” ujarnya.

Sementara pada babak Grand Final, tesnya menggunakan sistem offline dengan jenis tes 100 soal Pilihan Ganda dengan materi mengacu kepada Permendikbud No. 37 Tahun 2018 bidang studi Bahasa dan Sastra Arab SMA/MA.

Seakan tidak mau kalah, guru MAN 2 Model Banjarmasin Taufikurrahman, S.Pd.I sukses meraih Juara Harapan 2 pada ajang lomba yang sama. Untuk kategori Pendidik Bahasa Arab, Taufik menyisihkan sekitar 120 peserta guru dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sosok kelahiran Kandangan, 23 April 1979 itu menuturkan pada Olimpiade Tingkat Nasional tersebut, dirinya harus mengikuti ujian online dengan jumlah soal 100 dan peserta harus mengerjakan dalam 60 menit. “Soal-soal yang diberikan terkait materi kebahasa-araban dengan tingkat kesulitan lebih tinggi alias soal-soal HOTS,” ujarnya.

“Semoga prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi guru madrasah yang lainnya untuk berlomba-lomba dalam berprestasi,” pungkas Taufik.

Kepala MAN 2 Model, Dra. Naimah menyampaikan rasa bangga atas prestasi siswa dan guru di sekolahnya. “Saya memberikan apresiasi kepada siswa atau guru yang telah menunjukkan prestasi. Mudah-mudahan semangat berprestasi ini akan terus bertambah dan menular kepada yang lainnya,” harap Kamad.

Grand Final Olimpiade Bahasa Arab ke-3 Tingkat Nasional sendiri merupakan salah satu kegiatan pada Konferensi Nasional II Forum MGMP Bahasa Arab Tingkat Nasional yang dirangkai dengan Seminar Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia, Diseminasi Daurah Guru Bahasa Arab di Kairo Mesir, serta Festival Bahasa dan Sastra Arab.

Untuk tahun 2019, peserta Grand Final Olimpiade dibagi menjadi 5 kategori, yaitu kategori 1 untuk SMA/SMK Negeri, kategori 2 untuk SMA/SMK Swasta, kategori 3 untuk MA Negeri/ Swasta, kategori 4 untuk SMP/MTs Sederajat, dan ditambah kategori 5 untuk Pendidik/ Guru Bahasa Arab.

Delegasi berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku, NTB, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

 

Penulis : Taufik
Foto : Taufik
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 280 kali,
Bagikan Halaman Ini