kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Senin tanggal 21-10-2019 15:04:24 WITA

Siswa MAN 2 Model Raih Juara I Penghargaan Film Terbaik Workshop Film Pelajar



Banjarmasin (MAN 2 Model) – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin mencatatkan prestasi terbaik dengan meraih Juara 1 Penghargaan Film Terbaik pada Workshop Film Pelajar SMA/SMK sederajat yang digelar Fuji Film dan Borneo Digital Banjarmasin, 17 s.d 18 Oktober 2019 di Plaza Smart City Siring Menara Pandang Banjarmasin.

Achmad Randy Al-Mughni Fauzi dan Mohammad Nashir Muda, keduanya tercatat sebagai siswa program keterampilan Desain Grafis MAN 2 Model yang berhasil terpilih menjadi terbaik dalam Workshop Film Pelajar, setelah bersaing dengan tim SMA/SMK lainnya di Kalimantan Selatan.

Kepala Bengkel Keterampilan Komputer Desain Grafis Nazila Rahmatina, S.Pd mengungkapkan Workshop Film Pelajar adalah salah satu program edukasi dan apresiasi pada Program Bauntung Batuah dalam rangkaian Aruh Film Kalimantan 2019. “Dalam program Bauntung Batuah sendiri memiliki dua kegiatan yaitu Workshop Film Pelajar dan Screening Film Pelajar,” tutur Nazila.

Ditambahkannya, keikutsertaan madrasah pada Workshop Film Pelajar tersebut dimaksudkan sebagai apresiasi bakat dan talenta para siswa calon sineas muda yang ada di madrasah. “Prestasi ini membuktikan kepada masyarakat luas bahwa siswa madrasah juga bisa menorehkan hasil terbaik pada even perfilman di daerah,” tukas Nazila.

Salah satu peserta Mohammad Nashir Muda menjelaskan film pendek (short movies) yang dibuatnya bersama tim berjudul “Dua Ribu”. Film berdurasi 5 menit tersebut mengangkat topik tentang pengelolaan retribusi dan pajak parkir kendaraan bermotor di Kota Banjarmasin.

Dipenggarapan, Nashir mengaku dirinya dibantu kru pelaksana yang terdiri atas Sutradara Achmad Randy Almugni Fauzi, Produser Risky Arsyaq, Operator Kamera Muhammad Nashir Muda dan Andhika Putera Perdana, Penata Musik oleh Salim Satria, sedangkan Editor Erlangga Mawaldi dan Muhammad Alif Fasya Arkaan. “Alhamdulillah meski ada beberapa kendala, semua kru kompak berusaha yang terbaik,” pungkasnya.

Kepala MAN 2 Model Dra. Naimah saat dikonfirmasi mengapresiasi  kreativitas dan prestasi kedua siswa tersebut. Menurutnya, film pendek merupakan sebuah terobosan baru bagi dunia perfilman saat ini.  “Durasinya singkat, namun pesannya tersampaikan,” ujar Kamad.

Pucuk pimpinan MAN 2 Model itu menambahkan, madrasah akan memberikan wadah kreatifitas kepada setiap siswa. “Tentu dengan mempertimbangkan hal-hal yang terkait, antara lain masalah pendanaan dan jenis kegiatannya,” tutur Kamad.



Penulis : Taufik
Foto : Taufik
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 142 kali,
Bagikan Halaman Ini