kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Jum`at tanggal 10-05-2019 10:03:22 WITA

453 Calon Peserta Didik Baru MAN 2 Model Ikuti Tes Akademik Berbasis CBT



Banjarmasin (MAN 2 Model) - Setelah mengikuti Tes Baca Tulis Al Quran(BTA) dan wawancara, 453 calon peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin yang mendaftarkan diri pada jalur Reguler mengikuti Tes Akademik berbasis Computer Based Test (CBT) atau Tes Berbasis Komputer, yang dilaksanakan mulai Jum’at (10/05/19).

Wakil kepala madrasah (Wakamad) Bidang Humas, M.Faruk, mengungkapkan tes akademik berbasis CBT dilaksanakan dalam waktu 2 hari, namun peserta hanya mengikuti pada satu hari pelaksanaan saja dengan pembagian peserta tes CBT dalam dua sesi, yaitu sesi 1 (Pukul 08.00 s.d 10.00 Wita) dan sesi 2 (Pukul 10.10 s.d 12.10 Wita).

Dalam waktu 2 jam, calon peserta didik harus menjawab 100 butir soal yang terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Pengetahuan Keagamaan. “Calon peserta didik yang tidak mengikuti seluruh rangkaian tes seleksi ini, dianggap mengundurkan diri,” ujarnya.

Ditambahkan Faruk, tersedia lima ruang Laboratorium Komputer untuk pelaksanaan tes tersebut, yang tiap ruangnya rata-rata tersedia 30 unit komputer dengan jaringan yang berpusat pada server yang di-setting seperti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Kartu Peserta yang memuat username dan password digunakan untuk bisa login ke aplikasi Tes Akademik Berbasis Komputer tersebut,” jelasnya lagi.

Tahun ini, kali pertama kali Tes Akademik siswa baru MAN 2 Model secara Computer Based Test (CBT). “Semua hasil tes akan terolah otomatis dengan computerized dan disandingkan nilai prestasi, baik akademik maupun non akademik calon siswa baru, tes BTA dan hasil wawancara,” terang Faruk.

Faruk berharap dengan CBT, tingkat integritas makin meningkat dan meminimalisasi kecurangan atau kebocoran soal yang sering terjadi pada saat ujian. “Selain itu ujian dengan sistem CBT, lebih praktis, lebih gampang dan membuat peserta ujian lebih fokus. Tidak ribet dan lebih hemat waktu,” pungkasnya.

Hasil seleksi jalur Reguler sendiri akan diumumkan pada Rabu 15 Mei 2019 mendatang melalui website resmi http://www.man2modelbjm.sch.id dan dapat juga dilihat di papan pengumuman di kampus MAN 2 Model Banjarmasin.

Usai pelaksanaan, salah seorang calon peserta didik Aditha Putri Andryani mengaku tes akademik yang menggunakan sistem CBT ini lebih simpel dan praktis. “Kalo boleh dibilang lebih praktis karena tidak menggunakan kertas. Tinggal klik kursor di komputer,” ujarnya usai sesi pertama.

Meski demikian alumni MTsN 2 Tanah Laut itu mengaku soal yang diujikan termasuk kategori sulit. “Soalnya rata-rata setara dengan soal UN, terutama untuk Matematika dan Bahasa Inggris, tinggal berdo’a semoga diberi hasil terbaik,” ungkapnya. (Rep/ Ft : Taufik)

Penulis :
Foto :
Editor / Redaktur : badariah

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 321 kali,
Bagikan Halaman Ini