kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Kamis tanggal 18-04-2019 15:25:43 WITA

Ka. Subbag TU: Grafik Kehadiran Upaya Evaluasi Kedisiplinan ASN



Tanjung (Kemenag Kalsel) – Guna meningkatkan kedisiplinan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) Tabalong, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka. Subbag TU) H. Sahidul Bakhri, S.Ag menekankan perlunya menerbitkan symbol grafik yang menunjukkan fluktuasi kehadiran yang dirilis setiap bulan oleh Bagian Kepegawaian.

“Kami mengharapkan dengan adanya grafik kehadiran itu bisa menjadi bahan evaluasi sekaligus salah satu barometer kedisiplinan pegawai berdasarkan kehadiran yang dihitung setiap bulan,” ucapnya, Kamis (18/04/19).

Menurutnya, tidak dapat dipungkiri kedisiplinan diri, sikap, dan waktu adalah salah satu faktor yang penting karena mampu memberi pengaruh terhadap kinerja pegawai.

“Semakin tinggi disiplin pegawai, semakin tinggi prestasi kerja yang dapat dicapai. Dengan kata lain,  disiplin merupakan cerminan tanggungjawab seseorang dalam melakukan tugas-tugas yang diberikan untuk mendorong gairah dan semangat kerja,” jelas Sahidul.

Dikatakannya, disiplin ASN dapat dilihat dari manajemen personal pegawai tersebut di kantor, seperti  datang teratur dan tepat waktu, penyelesaian pekerjaan yang baik dan melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dengan baik.

Dari berbagai macam faktor, menurutnya satu hal yang paling penting dalam penegakan disiplin adalah sejauh mana management dalam menjalankan aturan-aturan yang berlaku. Ketegasan dalam menjalankan aturan tersebut. “Apalagi regulasinya sudah jelas, jika tidak disiplin masuk dan pulang kantor, maka akan ada pengurangan nominal tunjangan kinerja yang dihitung berdasarkan persentasi,” ucapnya,

Ka. Subbag TU menyatakan dengan kedisiplinan ASN Kemenag menjadi sebuah hal yang wajib dilaksanakan karena ASN sebagai pelayan masyarakat dan tentunya diharapkan selalu dibarengi dengan peningkatan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Pada grafik kehadiran akan nampak grafik secara keseluruhan ASN Kemenag Tabalong mulai dari data kehadiran, data terlambat hadir, izin serta jika melakukan dinas luar.

“Paling tidak dengan gambaran nyata dan terlihat perbandingan grafik antara satu ASN dengan ASN lainnya ataupun bagi yang disiplin dan kurang disiplin mampu menjadi evaluasi dan introspeksi diri untuk menjadi lebih baik kedepannya,” harapnya.

Hal yang perlu diingat kata Sahidul, bahwa keterlambatan ASN dari hari ke hari akan diakumulasikan dalam 1 tahun jika ada pemeriksaan oleh auditor makanya perlu meningkatkan kedisiplinan waktu jika tak ingin mendapatkan sanksi.

“Makanya jangan pernah meremehkan keterlambatan 5 menit atau 10 menit sehari, karena jika dilakukan sacara terus menerus lalu diakumulasikan dan dikonversikan maka bisa dihitung berapa hari seorang ASN tidak efektif bekerja dalam 1 tahun,” pungkasnya. (Rep: Sry/ Ft: Rudy)

Penulis :
Foto :
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 44 kali,
Bagikan Halaman Ini