kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Selasa tanggal 16-04-2019 09:37:48 WITA

75 Siswa MAN 1 Batola Dibekali Pembinaan Wawasan Kebangsaan



Marabahan (MAN 1 Batola) – Sebanyak 75 siswa MAN 1 Barito Kuala (Batola) dibekali pembinaan wawasan kebangsaan dari Komando Distrik Militer (Kodim) 1005 Marabahan, Senin (15/04/19) di aula madrasah.

Kegiatan wawasan kebangsaan bertema ”Melalui Pembinaan Wawasan Kebangsaan Tahun 2019, TNI AD Siap Membina dan Membentuk Masyarakat yang Berkarakter dan berwawasan Kebangsaan Guna Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Mempererat Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam Menjaga Keutuhan NKRI” terhadap siswa MAN 1 Batola tersebut diisi Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten CPL Dwi Suhamdiwan sebagai pemateri.

Dwi Suhamdiwan mengatakan, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia sebagai pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Indonesia terdiri dari berbagai suku, ras, agama, budaya dan adat istiadat yang berbeda, namun rakyat Indonesia bisa hidup rukun, damai, dan saling menghargai.

“Dasar negara kita adalah Pancasila dan memegang teguh semboyan ”Bhinneka Tunggal Ika” berbada-beda tetapi tetap satu,” ujarnya.

Lebih lanjut ditambahkanya, pemahaman nilai-nilai wawasan kebangsaan merupakan kebutuhan mutlak, terutama bagi generasi muda di tengah arus globalisasi dan proses demokrasi dewasa ini. “Penerapan konsep wawasan kebangsaan yang baik, dapat membentuk manusia Indonesia seutuhnya serta menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa,” tambahnya.

Sementara itu Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Kesiswaan Sri Wahyuna mengatakan, kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan diikuti 75 siswa yang terdiri dari pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan beberapa siswa perwakilan kelas X dan XI MAN 1 Batola.

“Tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kebangsaan para pengurus OSIM dan siswa tersebut dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam wadah NKRI,” pungkasnya. (Rep/Ft:Zein)



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 89 kali,
Bagikan Halaman Ini