kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Selasa tanggal 30-01-2018 11:50:03 WITA

Perdalam Sejarah Lokal, Siswa Belajar di Situs Benteng Tabanio



Pelaihari - MAN Tala. Siswa Madrasah Aliyah Negeri Tanah Laut (MAN Tala)melakukan pendalaman Sejarah Lokal di wilayah Tala dengan melakukan pembelajaran di Situs Benteng Tabanio, Sabtu (27/01/18).

Guru Sejarah MAN Tala Hanafiyannor Tajeli, S.Pd mengatakan dengan melakukan pembelajaran di Situs Benteng Tabanio akan menambah rasa keigintahuan siswa dalam sejarah Perang Banjar dalam melawan penjajahan Belanda.

“Walaupun Cuma bekas pondasi, Benteng ini menjadi saksi sejarah dalam Perang Banjar,” terang Jali di Benteng Tabanio.

Jali menjelaskan tokoh lokal yang terkenal Haji Buyasin pada 1859 berhasil merebut Benteng Tabanio dengan semangat yang dikobarkan Pangeran Antasari Waja Sampai Kaputing. “Ini menjadi bukti bahwa rakyat Banjar sangat menentang penjajahan Belanda di Kalimantan Selatan,” jelas Jali.

Salah seorang siswa kelas XI IIS 1 M. Faturahaman mengatakan sangat tertarik dengan sejarah Perang Banjar dengan melakukan pembelajaran langsung di situs Benteng Tabanio yang menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Banjar dalam mengusir penjajahan. “Semangat yang dikobarkan oleh para pejuang merupakan motivasi untuk lebih belajar dan belajar dalam mencapai cita,” pungkasnya. (Rep/ Ft: Ajay)

 

Penulis :
Foto :
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 795 kali,
Bagikan Halaman Ini