kalsel.kemenag.go.id





Diunggah hari Jum`at tanggal 13-10-2017 14:28:17 WITA

MTs Pangeran Antasari Jaring Siswa Belum Fasih Baca Al Quran



Martapura - MTs Pangeran Antasari. Guna memperoleh generasi muda muslim gemar membaca Alqur’an, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pangeran Antasari melaksanakan penjaringan siswa yang belum fasih membaca dan memahami tajwid (tata cara dan hukum bacaan) Al qur’an, Rabu (11/10/17).

Bertempat di ruangan kelas masing-masing, satu persatu siswa diminta membacakan ayat-ayat Al qur’an dan menyebutkan hukum bacaannya diawasi Pembina Keagamaan Misran S.Pd.I dan guru mata pelajaran Al qur’an Hadist Dra Hj. Noordiana.

Menurut Misran, kegiatan tersebut merupakan program bidang keagamaan madrasah untuk mengetahui kefasihan siswa dalam membaca Al qur’an. “Bagi siswa yang belum lancar membaca Al qur’an akan diberikan bimbingan belajar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Misran menjelaskan lebih dari 20 siswa kelas VII terdengar tidak mampu membaca Al qur’an dengan lancar. “Banyak siswa bersertifikat khatam Al qur’an masih belum lancar dan fasih membaca, tajwidnya pun mereka belum paham,” jelasnya.

Kegiatan penjaringan ditujukan bagi siswa kelas VII dan VIII, dengan jumlah ayat yang dibaca beragam. Salah seorang siswi kelas VII D, Kamaliah mengungkapkan ia diminta membaca ayat Al qur’an sekaligus ditanya mengenai hukum bacaannya. “Jumlah ayat yang dibaca berbeda-beda bagi masing-masing siswa, ada yang diminta membaca dua ayat saja, tetapi ada pula yang membaca sebanyak delapan ayat,” pungkasnya.

Kepala Madrasah (Kamad) Erma Afriyani, S.Pd mengatakan, siswa yang tercatat belum lancar dan fasih membaca Al qur’an, rencananya akan diberikan waktu khusus untyk dibimbingan belajar Al qur`an. “Diharapkan dengan adanya kegiatan keagamaan tersebut menumbuhkan rasa cinta terhadap Al qur’an dan gemar membacanya setiap hari secara lancar dan fasih,” ujar Kamad. (Rep/ Ft: Yu)

 

 



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 87 kali,
Bagikan Halaman Ini