kalsel.kemenag.go.id





Diunggah hari Jum`at tanggal 13-10-2017 14:21:34 WITA

Hadapi Olimpiade Matematika, Siswa MAN IC Berlatih Intensif



Banjarmasin – MAN IC Tala. Menghadapi babak penyisihan lomba olimpiade matematika SMA tingkat nasional pada Forum Ilmiah Matematika Nasional (FIMNAS), tujuh orang siswa MAN Insan Cendekia (IC) Tanah Laut (Tala) berlatih intensif, Kamis (12/10/17) di madrasah.

Berdasarkan keterangan dari pendidik pendamping lomba, Selfina Soraya, S.Pd seleksi lomba yang digelar Universitas Negeri Semarang (Unnes) tersebut diselengarakan di 15 wilayah se-Indonesia dimana salah satu penyelenggaranya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan (STKIP) PGRI Banjarmasin.

Latihan intensif siswa dilakukan dari jam keempat sampai jam kesepuluh yaitu pada pukul 09.45-16.00 Wita dengan dispensasi langsung yang diberikan pihak akademik madrasah bahwa sementara siswa berlatih secara intensif maka dibebaskan dari kegiatan belajar di kelas. “Waktu latihan ditambah setelah shalat ashar dari pukul 16.45-17.30 Wita,” ujarnya.

Lebih lanjut Selfi menambahkan bahwa materi yang dipelajari yaitu Aljabar, teori bilangan, geometri dan kombinatorika. Semua siswa sudah menguasai materi tersebut namun masih belum mendalami materi geometri dikarenakan banyaknya dalil-dalil yg digunakan dan perlu waktu yg banyak untuk memahami dalil tersebut.

Untuk materi aljabar dan kombinatorika beberapa siswa sudah menguasai materi namun ketika sudah masuk ke dalam soal siswa masih memerlukan waktu yang lama untuk memahami maksud soal. Namun ada juga beberapa siswa yg sudah mahir dan langsung bisa melihat pola ketika melihat soal terkait aljabar, teori bilangan dan kombinatorika.

“Harapan saya sebagai pembimbing, disisa waktu sebelum penyisihan siswa bisa memanfaatkan waktu untuk lebih sering berlatih mengerjakan soal agar bisa mengatur waktu apabila ada soal sejenis yang akan keluar dibabak penyisihan wilayah,” harapnya. (Rep:Restu/Ft:Selfi)



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 61 kali,
Bagikan Halaman Ini