kalsel.kemenag.go.id





Diunggah hari Kamis tanggal 12-10-2017 16:16:30 WITA

Ka. Kankemenag: Jangan Buru-Buru Nikah Diusia Muda



Banjarbaru - Humas.Jangan buru-buru menikah diusia muda, tegas Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kota Banjarbaru H. Zainal Ilmi saat menjadi pemateri pada kegiatan Pertemuan Lintas Sektor (LS) dan Lintas Program dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Zainal mengatakan pernikahan harus benar benar disiapkan secara matang khususnya bagi calon pasangan pengantin.

“Pernikahan harus disiapkan secara matang terutama usia calon mempelai, maka dari itu bagi bagi pasangan yang usianya masih sangat muda jangan terburu buru untuk menikah,’’ ungkapnya diacara yang digagas Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru tersebut, Kamis (12/10/17) di Aula Perpustakaan Daerah Banjarbaru.

Zainal menambahkan, penyebab retaknya sebuah hubungan rumah tangga salah satu faktornya yakni selain kurang pemahaman antara suami istri juga di karenakan usia pasangan yang sangat muda, bahkan kurang dewasa dalam bersikap, serta ketidaksiapan menghadapi persoalan yang kerap muncul di tengah tengah hubungan suami istri.

Tidak jarang karena usiaa anak tergolong sama-sama muda ketika muncul masalah, pasangan suami istri sulit untuk meredam emosi. Bahkan, cenderung tidak mau mengalah satu sama lain,” tukasnya.

Zainal berharap para orang tua berperan dalam mengarahkan putra dan putri mereka saat sudah memasuki fase remaja agar tidak terburu-buru menikah. “Saya berharap peran orang tua lebih besar dalam memotivasi anak-anak belajar lebih tekun untuk menggapai cita-citanya, seiring berjalannya waktu anak dan orang tua akan paham dengan sendirinya saat yang tepat untuk menikah,” terang Zainal.

Ditambahkan Zainal, ditinjau dari segi kesehatan menikah dalam kondisi usia yang tergolong sangat muda, berpengaruh kurang baik terhadap reproduksi calon ibu dan calon anak. Maka dari itu, tidak jarang anak dilahirkan dengan keadaan kurang sehat, gizi buruk, prematur  bahkan menyebabkan kematian. Hal itu tidak lain karena kesiapan baik fisik dan mental calon ibu dan ayah ketika anak mereka lahir,” tukasnya. (Rep: Dya/ Ft: Alf)



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 45 kali,
Bagikan Halaman Ini