kalsel.kemenag.go.id





Diunggah hari Kamis tanggal 12-10-2017 15:00:53 WITA

Tingkatkan Keterampilan Gerak, Siswa Main Gunakan Balon



Martapura - MIN 4 Banjar. Untuk meningkatkan keterampilan gerak siswa kelas IC Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Banjar lakukan permainan menggunakan balon dalam pembelajaran tematik, Selasa (10/10/17) di halaman madrasah.

Menurut guru kelas Maisyarah selaku pembimbing dalam permainan siswa akan berfikir agar tidak jatuh dan berhati-hati membawa balonnya melewati pos-pos yang ada dengan cepat, hingga melatih kekompakan murid dengan timnya dan berfikir cara meletuskan balon tanpa menggunakan alat bantu apapun.

Hal tersebut menurut Maisyarah secara tidak langsung membantu merangsang dan mengembangkan area motorik otak murid secara optimal dan lebih spesifik.

“Tujuan permainan balon diantaranya, meningkatkan aktivitas gerak dan keseimbangan, melatih kelincahan murid, dan melatih kekompakan dan kerjasama  murid dengan timnya,jelasnya.

Maisyarah berharap dengan belajar sambil bermain dapat melatih kekompakan dan motorik halus murid dalam bermain, sehingga  dalam sebuah permainan sederhana dapat melatih kognitif, afektif, psikomotor dan sosial murid.

 “Mengembangkan konsentrasi saat bermain, dengan cara dapat membawa balon tanpa membuat balon tersebut tidak terjatuh dan melatih keterampilan gerak,” harapnya.

Salah seorang peserta didik Haifa Novita Sari mengaku sangat senang bermain di luar kelas dengan menggunakan balon warna warni. “Belajar jadi senang dan terhibur,” ujarnya. (Rep: Subhan/ Ft: Maisyarah)

 

 



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 55 kali,
Bagikan Halaman Ini