kalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Kamis tanggal 17-07-2014 03:57:47 WITA

Berpuasa Wajib Mengetahui Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa



Barabai – Mansaba,  Kegiatan Ramadhan untuk siswa MAN 1 Barabai (Mansaba) memasuki hari kedua, Selasa (15/07/14). Kegiatan diisi dengan tadarus Alqur’an  ceramah agama yang disampaikan oleh H.Suni salah satu guru senior di Mansaba Kab. Hulu Sungai Tengah Prov. Kalimantan Selatan.

H.M. Suni dalam Ceramahnya memaparkan tentang hal-hal yang membatalkan puasa. Sebelum memulai ceramahnya, H. Suni menyampaikan tentang kegiatan Jum’at zikir yang dilaksanakan setiap dua jum’at sekali. Hal ini disampaikan karena ceramah kali ini esertanya merupakan peserta didik baru.

“Saya sampaikan bahwa di MAN 1 Barabai ada salah satu kegiatan yang belum ada duanya  madrasah maupun sekolah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yaitu tentang program zikir, dan yang perlu diperhatikan bahwa zikir ini dilaksanakan pada hari jum’at minggu ganjil dan dimulai pukul 07.00," terang H.M Suni

Di sesi lain, H. Muhammad Suni  mengharapkan kepada jamaah agar memahami tentang tujuh hal yang membatalkan puasa yaitu makan, minum, berhubungan badan, haid, nijaf, murtad dan muntah dengan sengaja. ”Jangan sampai puasa kita hanya dapat lapar dan haus,” terang H.M Suni. 

Muhammad Tabah Pangestu salah satu peserta didik  baru, setelah mendengarkan isi ceramah tersebut merasa bertambah ilmu tentang puasa.  “Alhamdulillah saya semakin memahami arti dan hal-hal yang membatalkan puasa,” terang  Tabah.  (Rep/Ft: Humas Mansaba)

 

 

Penulis :
Foto :
Editor / Redaktur : yanti

Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 97 kali,
Bagikan Halaman Ini