Rabu, 25 November 2015, 07:38

Daftar Manuskrip Keagamaan

1. Alquran Tulisan Tangan Syekh H. Muhammad Arsyad Al Banjari

Setiap harinya tidak kurang ribuan orang yang datang ke makam ulama agung Syekh H. Muhammad Arsyad Al Banjari atau datu kalampayan kecamatan Astambul Martapura. Selain ziarah, mereka juga bisa menyaksikan al quran besar tulisan tangan beliau sendiri yang hingga kini tersimpan abadi di muka museum Syekh H. Muhammad Arsyad Al Banjari, di desa tempat kelahiran yaitu desa dalam pagar Martapura

2. Kitab Sabilal Muhtadin

Sabilal Muhtadin atau Sabilal Muhtadin lit-Tafaqquh fi Amriddin (yang artinya dalam terjemahan bebas adalah Jalan bagi orang-orang yang mendapat petunjuk untuk mendalami urusan-urusan agama), adalah salah satu kitab yang sangat masyhur karangan Syaikh Muhammad Arsyad al Banjary.

Kitab yang ditulis pada tahun 1779 M (1193 H) pada zaman pemerintahan Sultan Tamjidullah ini merupakan kitab yang menerangkan ilmu fikih dalam Madzhab Syafii. dan seluruh uraiannya diambil dari berbagai kitab yang dikarang oleh ulama madzhab Syafii, seperti: Syarah Minhaj oleh Syaikhul Islam Zakaria al-Anshari, Al Mugnioleh Syekh Khatib Syrabaini, At Tuhfah oleh Syekh Ibnu Hajar Al Haitami, An Nihayah oleh Syekh Jamal oleh Syekh Ramli dan beberapa buah matan, syarah dan komentar lainnya.

3. Kitab Ushuluddin

Kitab Ushuluddin adalah kitab karangan Syekh H. Muhammad Arsyad Al Banjari yang biasa disebut Kitab Sifat Duapuluh

4. Kitab Tuhfatul Raghibin

Karya Syekh Arsyad yang banyak dikenal adalah Sabilal Muhtadin. Ternyata, masih ada Tuhfatur Raghibin yang diterbitkan perdana di Turki.

Karya Tufatur Raghibin memang tidak sepopuler Sabilul Muhtadin. Tapi, karya itu sangat penting karena membahas akidah Islam ahlussunnah wal jamaah yang langka. Tuhfah menjadi sangat penting unuk mengukuhkan sosok Syekh Arsyad sebagai ulama besar ang sangat penting di masanya. Karya yang ditulis dalam aksara Arab-Melayu atau Jawi ini ditulis Syaikh Arsyad pada tahun 1188 Hijriyah atau tahun 1774 Masehi.

5. Kitab Nuqtatul Ajlan

Kitab Nuqtatul Ajlan yaitu kitab karangan Syekh H. Muhammad Arsyad Al Banjari tentang wanita serta tertib suami-isteri.

6. Kitabul Fara-idl

Kitabul Fara-idl yaitu kitab karangan Syekh H. Muhammad Arsyad Al Banjari tentang hukum pembagian warisan.