Sabtu, 5 Mei 2012, 23:53 –
SOSIALISASI PERPAJAKAN DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANJAR

Banjar-krb: Peran bendahara di pemerintahan belakangan ini makin strategis saja, pasalnya fungsinya selain hanya menerima, mencatat dan mengeluarkan uang semata, juga diberikan tugas melakukan pemotongan pajak baik itu Pajak Pertambahan Nilai (PPn) maupun Pajak Penambahan Hasil (PPh). Untuk mengetahui dan memahami tugasnya sebagai pemotong pajak, sejumlah bendahara di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Banjar terdiri dari Bendaharawan pada MIN, MTsN dan MA, Bendaharawan di KUA serta Bendaharawan Kantor Kemenag Banjar berjumlah 60 orang diberikan arahan berupa sosialisasi perpajakan dengan menfokuskan pada tatacara memotong / memungut, menyetor dan melaporkan pajak-pajak yang ada di setiap Satuan Kerja dimana ia ditugaskan. Demikian Laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana Kasub Bag TU, Drs. H. Ah. Syarwani.

Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Jum’at (04-04-2012) di Kantor Kementerian Agama Kab. Banjar resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Banjar Dr. H.M. Quzwini, M.Ag. Menurutnya, pelatihan perpajakan bagi bendahara sangat penting dilakukan, sebab masalah perpajakan akan mempengaruhi kinerja pembangunan dan penerimaan daerah. Kementerian Agama telah banyak melakukan inovasi dibidang pembangunan dan pelayanan masyrakat sebagai implementasi dari tupoksi dari Kementerian Agama itu sendiri. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang berkompeten sehingga mampu memberikan pelayanan prima, bekerja secara akuntabel dan transparan,” oleh karena itu maka digelar sosialisasi perpajakan sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalitas bendahara dalam melaksanakan ketentuan pemungutan/pemotongan pajak yang timbul di satker/unit masing-masing. “Peningkatan kompetensi aparatur melalui Sosialisai ini sangat penting dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan transparan. Karena itu ikuti seluruh kegiatan dengan baik sehingga dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Sementara itu Kepala Kantor Pelayanan Pajak Kab. Banjar Adi Darman (yang baru dilantik 18-04-2012 kemaren menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, dan seandainya sosialisasi ini masih belum maksimal diterima oleh peserta, maka Kantor Pelayanan Pajak Kab. Banjar setiap saat jam kerja siap membantu. Kedepan , harapan kami mengingat semakin dinamisnya peraturan pajak yang dikeluarkan, tidak ada lagi kebingungan dari para bendahara. Selain itu mereka akan semakin paham akan tugas-tugasnya sebagai bendahara khususnya dalam tatacara pemotongan/pemungutan, penyetoran dan pelaporan pajak dimasing-masing satuan kerja.

Dalam Sosialisasi tersebut bertindak sebagai pemberi materi Kepala Kantor Kementeria Agama “Peran dan Fungsi Bendaharawan dalam Pemungutan Kewajiban Pajak di Lingkungan Kementerian Agama Kab. Banjar, dan dua orang Nara Sumber dari Kantor Pelayanan Pajak Banjarbaru dengan materi Mekanisme Pemotongan/Pemungutan, Penyetoran dan Pelaporan Wajib Pajak. (asb: humas kemenag bjr)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.033000 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.68
Jumlah pengunjung: 1619328
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.