Rabu, 10 April 2013 –
Banjir di Hulu Sungai Tengah Lumpuhkan Madrasah dan Kantor Kemenag

HST, Culuk – Hujan yang terus menerus selama kurang lebih 18 Jam pada Minggu (07/09) tidak henti-hentinya mengakibatkan sungai di Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah meluap, pada hari itu Kota Barabai benar-benar lumpuh dari aktivitas. Tak terkecuali Kegiatan Madrasah dan Kankemenag Kab. HST.

MTs Muallimin Barabai, yang letaknya tidak jauh dari sungai, terlebih dulu tenggelam, sehingga banyak peralatan dan sarana madrasah yang rusak terendam, ketinggian air di daerah ini kurang lebih 80 cm atau melebihi lutut orang dewasa.

Sementara itu MAN 1 Barabai , yang tepat berada di jantung kota Barabai, mengalami kondisi yang sangat parah, karena madrasah ini tepat berada di jalur arus yang deras, sehingga banyak pot-pot bunga yang terseret arus air. Kemudian fasilitas yang tidak terselamatkan seperti lab. Komputer semua CPUnya terendam air, begitu juga dengan perpustakaan juga terendam air, sehingga banyak buku-buku yang rusak terendam dan tak sempat diselamatkan. Disini ketinggian air sangat tinggi dibandingkan dengan lokasi yang lain, yaitu setinggi pinggang orang dewasa, yang menyebabkan ruang kelas pun terendam setinggi diatas lutut.

Siswa–siswi MAN 1 Barabai yang berada di sekitar Barabai semula ada yang hadir ke madrasah datang menjenguk dan langsung dipulangkan oleh Kepala MAN 1 Barabai Drs. Tri Joko Waluyo, MM.

Begitu juga Kantor Kemenag HST tak luput dari terjangan banjir tersebut, kemudian Kantor juga tampak lengang, karena banyak karyawannya yang tidak bisa masuk sebab akses jalan ke kantor terhambat, karena tidak bisa dilewati oleh sepeda motor dan mobil. Banjir yang datang tiba-tiba pukul 03.00 subuh tersebut langsung menggenangi Ruangan Kasi Pontren, Kasi PAIS dan Kasi haji dan Umrah, yang merupakan bangunan tua, hanya sebagian berkas dan arsip yang terselematkan. Begitu Rumah Dinas Kepala Kankemenag HST, yanag sudah cukup tinggi juga ikut terendam.

MTsN Barabai, yang bersebelahan dengan Kantor Kemenag tak luput dari Banjir. Peralatan Lab. Bahasa, dan Komputer semua terendam air, begitu juga Mushalla yang sudah dibangun agak tinggi pun kemasukan air. (hus/nim/zim)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.008556 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1455496
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.