Sabtu, 23 Februari 2013, 04:14 –
Kasi PAIS : 6 Dimensi Kompetensi yang Harus Dikuasasi Pengawas Sekolah yang Profesional

Banjar, Krbt – Drs. H. Izzuddin, M.Ag. dalam temu wicara dengan humas kemenag Banjar di ruang kerjanya, Jum’at (22/02) seusai mengikuti Rakor Pengawas di Aula Kemenag Banjar, menjelaskan berkenaan dengan pertanyaan, kiat-kiat beliau dalam mengembangkan kualitas pendidikan di Kab. Banjar melalui tangan-tangan pengawas, bahwa beliau berupaya mengkondisikan agar semua pengawas memiliki 6 dimensi kompetensi yang yang harus dikuasai untuk menjadi pengawas yang betul-betul profesional :

  1. Kompetensi kepribadian pengawas sekolah/madrasah adalah kemampuan pengawas sekolah dalam menampilkan dirinya atau performance diri sebagai pribadi yang bertanggungjawab, kreatif, selalu belajar dan memiliki motivasi kerja.
  2. Kompetensi Sosial pengawas sekolah adalah kemampuan pengawas sekolah dalam membina hubungan dengan berbagai pihak serta aktif dalam kegiatan organisasi profesi pengawas (APSI).
  3. Kompetensi supervisi manajerial adalah kemampuan pengawas sekolah dalam melaksanakan pengawasan mana¬jerial yakni menilai dan membina kepala sekolah dan tenaga kependidikan lain yang ada di sekolah dalam mempertinggi kualitas pengelolaan dan administasi sekolah.
  4. Kompetensi Supervisi Akademik Kompetensi supervisi akademik adalah kemampuan pengawas sekolah dalam melaksanakan pengawasan akade¬mik yakni menilai dan membina guru dalam rangka mempertinggi kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakannya agar berdampak terhadap kualitas hasil belajar siswa.
  5. Kompetensi evaluasi pendidikan adalah kemampuan pengawas sekolah dalam kegiatan mengumpulkan, mengo-lah, menafsirkan dan menyimpulkan data dan informasi untuk menentukan tingkat keberhasilan pendidikan.
  6. Kompetensi penelitian dan pengembangan adalah kemarnpuan pengawas sekolah dalam merencanakan dan melaksanakan penelitian pendidikan/pengawasan serta menggunakan hasil-hasilnya untuk kepentingan peningkatan mutu pendidikan.
Demikian harapan Kasi PAIS kiranya, para pengawas madrasah/sekolah di Kabupaten Banjar khususnya di bawah binaan Kemenag Banjar akan menjadi pengawas-pengawas yang profesional dengan memahami, memiliki, dan menerapkan ke 6 butir kompetensi diatas. (hms kemenag bjr)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.138471 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1770126
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.